Resensi Novel Tere Liye - Hujan


Tere Liye - Hujan
Identitas Buku
Judul buku : Hujan
Warna sampul : Biru muda dan putih
Penulis : Darwis Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tempat terbit : Gedung Gramedia Blok I, lt. 5 Jl. Palmerah Barat 29-33, Jakarta 10270
Tahun terbit : 2016
Tebal Halaman : 320 halaman, 162 lembar
Ukuran : 13,5 x 20 cm
Jenis buku : Novel

Novel Hujan ini menceritakan tentang kisah dua tokoh utamanya yang bernama Lail dan Esok. Kedua tokoh ini dipertemukan pasca terjadi bencana gunung meletus tahun 2042. Efek dari Gunung meletus ini teramat dahsyat, disamping telah meluluhkan lantakkan sebagian besar isi bumi, bencana alam ini hanya menyisakan 10% manusia di bumi dan juga mengacaukan iklim serta cuaca bumi. Tokoh laki-laki bernama Esok atau yang bernama lengkap Soke Bahtera ini digambarkan sebagai anak muda yang jenius dan pintar. Pada usia 16 tahun harus pindah ke ibukota melanjutkan sekolah dan berhasil menciptakan mobil terbang yang pertama. Sementara tokoh wanita yang bernama Lail memiliki karakter sebagai gadis sederhana yang hidup di panti sosial dan akhirnya menjadi seorang relawan kemanusiaan dan bersekolah di sekolah perawat. Lail ternyata mempunyai perasaan lebih pada Esok. Perasaan ini ia pendam bertahun-tahun lamanya, tanpa pernah bisa mengungkapkannya. Sedangkan Esok tidak pernah punya waktu lebih untuk menghubungi atau menemani Lail karena kesibukannya. Mengambil latar tahun 2042-2050, novel ini mengandung genre science-fiction yang dibumbui oleh kisah roman percintaan remaja. Didalamnya diceritakan tentang dunia di masa depan dengan teknologi yang sangat canggih. Ilmu pengetahuan dan teknologi sudah menggantikan peran manusia. Manusia sangat dimanja, dimana tak perlu lagi memasak, menjahit baju, bepergian dengan sopir dan lain sebagainya. Namun manusia tidak bisa meninggalkan kodratnya yang memiliki rasa cinta, benci, rindu, sedih, senang dan sebagainya. Hal-hal Inilah yang menjadi konflik jalannya cerita. Cerita dimulai dengan peristiwa kedatangan Lail ke Pusat Terapi Saraf untuk memodifikasi ingatannya. Ketika ditanya apa yang ingin dilupakan, Lail menjawab “aku ingin melupakan hujan”. Dengan dibantu oleh Elijah seorang paramedis senior, Lail menceritakan seluruh kisah hidupnya sejak peristiwa bencana alam tersebut hingga saat dia mendatangi pusat terapi syaraf tersebut. Cerita kemudian bergulir dengan sangat apik dan membuat ending yang sangat-sangat tidak mengecewakan.

Keunggulan Buku
Novel Hujan karya Tere Liye ini sangat menarik. Dimulai judul dan cover bagian depannya yang sederhana, tetapi cerita didalamnya sungguh membuat pembaca larut dan penasaran untuk terus membacanya. Alur cerita yang mengalir serta konflik batin yang ditonjolkan dalam novel ini mampu membuat pembaca terhanyut dan ikut merasakan kejadian demi kejadian dengan seksama. Dengan latar waktu 2050-an, pembaca diajak berimajinasi, membayangkan kondisi dunia masa depan, dengan berbagai teknologi teknologi canggih yang ia dapat. Isi novel ini mudah dipahami oleh pembaca karena bahasa yang digunakan sederhana dan dapat menginspirasi para pembaca. Selain itu, pesan dan kesan yang ada dalam novel ini dapat mengalir ke lubuk hati dan pikiran.

Kelemahan Buku
Pada novel hujan tidak dijelaskan secara jelas oleh pengarang tentang gambaran fisik dari tokoh-tokoh yang ada di dalam novel, sehingga sang pembaca harus menerka-nerka bagaimana gambaran tokoh terutama fisik sang tokoh dalam novel. Novel hujan juga memiliki tebal halaman yang cukup tebal sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan membaca novel.

Kesimpulan
Novel ini sangat menarik untuk dibaca karena berisi tentang pertemuan yang tidak disengaja namun berujung cinta. Terkesan memang sudah biasa terjadi, namun cerita-cerita kehidupan sang tokoh utama sangat menarik dan menginspirasi. Banyak pelajaran berharga yang dapat diambil dalam buku ini. Novel ini juga sangat layak untuk dibaca oleh semua lapisan masyarakat dan berbagai jenis umur karena bahasa yang digunakan begitu mudah untuk dipahami.

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Pendidikan Pancasila 2019 (Pra-Ujian Utama Universitas Gunadarma • Bagian 1)

Latihan Soal Pendidikan Pancasila 2019 (Pra-Ujian Utama Universitas Gunadarma • Bagian 2)

Procedure Text (English)